^^Welcome to this Blog^^
Hope You can Enjoy it...
Thanks...

Wednesday, December 29, 2010

Nurarihyon no Mago

Nurarihyon no Mago
Nurarihyon no Mago. Image credit by Rimelaia
Nurarihyon no Mago (The Granchild of Nurarihyon) adalah anime yang diadaptasi dari manga yang berjudul Nura: Rise of the Yokai Clan. Yah genre dari anime adalah mystery & comedy. Menceritakan seorang cucu dari sebuah keluarga Yokai (siluman), Nura Rikuo. Akan tetapi si cucu ini mirip si Inuyasha, setengah manusia setengan siluman. Bedanya kalau Inuyasha berubah jadi manusia saat bulan baru sedangkan Rikuo menjadi manusia saat siang hari ketika malam dia mampu berubah wujud menjadi siluman. Karena hal inilah seluruh anggota klan menentang jika Rikuo menjadi pemimpin keluarga berikutnya setelah kematian ayahnya. Rikuo sendiri juga tidak tertarik karena dia sama sekali tak tertarik dengan dunia Yokai.

Rikuo yang ramah serta baik hati ini mempunyai teman di sekolahnya yang membentuk sebuah grup penelitian Yokai. Dan sebuah hal yang menarik seorang onmyoji (orang yang bertugas membasmi Yokai) masuk ke grup ini. Onmyoji itu bernama Keikain Yura, cewek baru di kelas Rikuo. Dia berniat untuk belajar membasmi Yokai karena itulah dia pindah ke sekolah di kota yang terkenal pusatnya Yokai. Serta anggota lainnya adalah teman Rikuo dari kecil. Rikuo menaruh hati pada salah seorang di antaranya, Ienaga Kana. Namun Rikuo belum menyadari perasaannya itu.

Suatu hari ketua kelompok ini meminta datang ke rumah Rikuo untuk menginspeksi adanya Yokai. Tentu saja ini membuat panik Rikuo karena banyak sekali Yokai di rumahnya. Dengan bantuan Aotabo dan Yuki-onna yang menyamar sebagai manusia, Rikuo dapat mengatasinya. Walaupun Rikuo kesusahan menyembunyikannya (karena saking banyaknya) serta adanya si Yura yang mampu mendeteksi keberadaan Yokai, membuatnya bertambah susah.

Kemudian satu per satu Yokai jahat muncul dan mengganggu di kota. Rikuo beserta pengikutnya yang setia bertugas membasminya. Setelah ditelusuri Yokai yang membuat masalah itu dikonfrontasi oleh salah seorang tetua yang menjadi anggota klan Nura. Tetua tersebut tidak suka jika Rikuo menjadi calon pemimpin keluarga. Namun masalah ini dapat diselesaikan satu per satu. Rikuo pun juga mendapat kepercayaan diri untuk maju menjadi pemimpin keluarga atas dukungan Yokai yang setia padanya. Akhirnya satu per satu tetua yang tidak setuju mulai menerima Rikuo.


Nurarihyon No Mago
Pendiri klan Nura bersama pengikut setianya (dari kiri) Nyūdō Hitotsume, Hihi, Yuki-Onna, Aotabo, Karasu Tengu, Shima. (Nurarihyon No Mago. Image credit by ichigowife
Setelah masalah internal yang belum selesai ini muncul masalah eksternal yaitu kemunculan sebuah klan Yokai dari pulau Shikoku. Seorang pemuda yang bernama Tamazuki dan pengikutnya The Seven Traveler berusaha merebut Osore (Fear) yang ada pada klan Nura. Rikuo dihadapkan permasalahan yang berat dan di sinilah dia diuji apakah kelak dia mampu memegang klan Nura atau tidak. Rikuo akhirnya memutuskan maju untuk menghadapi Tamazuki beserta Pandemonium-nya yang belum lengkap. Walau Rikuo manusia tidak yakin menang namun Rikuo siluman mengatakan akan membantunya untuk melawan Tamazuki.

Mampukah Rikuo menghadapi Tamazuki yang memiliki pedang siluman?
Apakah Rikuo akhirnya bisa mengatasi konflik internal di klan-nya?
Apakah Rikuo pantas juga menjadi calon pemimpin klan?
Saksikan semuanya di Nurarihyon no Mago. :)

Komedi yang disajikan anime ini cukup menghibur. Kekonyolan kelompok peneliti Yokai ketika bertemu Yokai asli serta ketua klubnya yang selalu penasaran akan Yokai. Ditambah kepolosan Rikuo ketika menghadapi permintaan aneh ketua klub yang membuatnya susah. Seiyuu pengisi suara Rikuo adalah Fukuyama Jun yang pernah berperan di Code Geass sebagai Lelouch Lamperouge. Berkat perannya di Code Geass, FukuJun mendapat penghargaan Seiyuu Award di tahun 2007. Hmmm memang suaranya keren dan benar-benar menjiwai apalagi di Nurarihyon no Mago ini dia bersuara seperti Lelouch ketika Rikuo berubah menjadi siluman. Bisa menjadi obat kangen bagi penggemar Lelouch :P
Kelebihan anime ini selain ceritanya yang menarik adalah sisi di mana digambarkan berbagai bentuk Yokai yang ada di Jepang serta seiyuu-seiyuu nya merupakan seiyuu andalan seperti Hirano Aya, Ishida Akira, Souichiro Hoshi, Horie Yui, Koshimizu Ami, Sakurai Takahiro dan lain-lain.

Opening song-nya dibawakan oleh Monkey Majik yang berjudul Fast Forward dan Sunshine sedangkan ending-nya dibawakan trio Katate☆SIZE yang beranggotakan Hirano Aya, Horie Yui, dan Maeda Ai. Ending song-nya adalah Sparky☆Start dan Symphonic☆Dream.
 
Nurarihyon No Mago
Yokai-Yokai yang ada di manga Nura: Rise of the Yokai Clan. Dikabarkan sekuel Nurarihyon no Magu dilanjutkan ke season 2. (Nurarihyon No Mago. Image credit by ichigowife)
Makna yang bisa diambil dari anime ini banyak sekali. Di antaranya kita dapat belajar untuk menerima diri kita apa adanya tanpa harus mempedulikan apa kata orang lain di luar sana, intinya "Be Yourself"; belajar untuk menghargai orang lain serta untuk lebih mempedulikan hal di sekitar kita karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial, ingat pelajaran dasar ilmu pengetahuan sosial ketika masih SD; tidak mudah menyerah walaupun banyak orang yang mencibir dengan keadaan kita yang tidak memungkinkan "Trust Yourself, You can Do It"; jangan menilai orang dari luarnya dulu, lihat dalamnya juga karena tidak semua hal baik bisa kita temukan dari cover doank (tapi biasanya emang orang lebih suka liat tampang dulu si) dan sebenarnya masih banyak lagi. Temukan makna lainnya dengan menontonnya ya... :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...