^^Welcome to this Blog^^
Hope You can Enjoy it...
Thanks...

Thursday, December 30, 2010

Let's Talk: Seiyuu's Wage

Edisi pertama Let's Talk ini saya ingin membahas mengenai gaji seorang Seiyuu. Di Jepang, Seiyuu sudah termasuk artis walaupun kiprah mereka hanya di belakang layar alias wajahnya tidak kelihatan. Namun jangan salah, banyak Seiyuu yang punya fans sendiri lho bahkan ada grup-nya juga. Terkadang mereka akan muncul pada saat promosi Anime ataupun acara lain di luar Anime-nya. Terus bagaimana dengan gaji mereka? Apakah tinggi juga karena mereka juga artis? Jawabannya adalah tidak. Aneh bukan, padahal posisi mereka sudah seperti artis tapi gajinya tidak besar. Yah, sejak tahun 2000 Seiyuu mulai bertambah banyak dan tentu saja dengan pasar yang masih sama saja. Diperkirakan jumlah Seiyuu di sana sudah mencapai ribuan. Wow, melebihi jumlah artis. Yah karena pekerjaan ini tidak menuntut muka keren tapi bisa beken, asalkan punya modal suara dan penjiwaaan sudah cukup. Ditambah dengan birth rate di Jepang yang menurun membuat pasaran mereka bertambah sempit. Coba hijrah aja ke Indonesia ya :)

triple Pictures, Images and Photos
Ada yang kenal dengan Seiyuu-Seiyuu ini? Mereka merupakan Seiyuu muda papan atas lho. (triple. Image credit by Bak_Chan)

Dan yang beberapa Seiyuu papan atas yang mampu bertahan. Namun ada beberapa pula Seiyuu muda yang karirnya melesat jauh seperti Miyano Mamoru, Irino Miyu, Nakajima Megumi, Kanazawa Hana, Koshimizu Ami dan masih banyak lagi. Kebanyakan Seiyuu papan atas yang sudah matang berumur 30-an ke atas. Mereka pun juga punya banyak penggemar walau sudah tua juga.

神谷顺产 Pictures, Images and Photos
Tebak siapa kedua Seiyuu aneh ini ^^. Tentu saja si Kamiyan & MiyuMiyu. (神谷顺产. Image credit by lixingke)
Karena pasaran yang makin sempit, beberapa Seiyuu mengambil alternatif yaitu masuk ke pasaran lain dengan menjadi penyanyi (singer), aktor atau artis betulan tapi biasanya hanya untuk movie, opera serta live-action. Ada pula yang mencoba membuat movie, menjadi sutradara dan model. Almost of them biasanya memilih menjadi singer karena mereka sudah mempunyai suara yang bagus. Sedangkan yang mencoba dunia akting dan model biasanya yang mempunyai good-looking. Selain itu untuk lebih memasarkan diri mereka biasanya yang berhasil di dunia tarik suara akan membuat sebuah konser dan acara temu fans. Tentu saja pemasaran secara online juga ada, kebanyakan seiyuu membuat homepage atau blog yang disediakan oleh pihak agensi mereka.

Namun biasanya yang mereka posting di homepage bukan berbau hal-hal pribadi, maklum lah orang Jepang kan tertutup. Tapi hal inilah yang membuat mereka merasa fair dengan fans, tidak seperti di Korea yang di mana fans-fans nya begitu fanatik bahkan muncul pula anti-fans yang membuat beberapa artis Korea bunuh diri gara-gara diteror. Orang Jepang lebih menghargai privasi orang dan tidak akan ikut campur jika mereka memang tidak ingin. Hah kenapa menuju ke perbincangan ini. Mari teruskan ke masalah homepage. Ya, di homepage ini para Seiyuu memaparkan kegiatan kerja mereka untuk memasarkan diri. Ketika mulai ada job di Anime tertentu mereka membahas mengenai kegiatan rekam suaranya atau acara promosinya. Namun ada pula beberapa Seiyuu yang memang dasarnya orangnya terbuka dan blak-blakan menulis postingnya. Haha :D Mungkin ada yang tahu siapa Seiyuu ini.

Miyano Mamoru, Oguri Shun Pictures, Images and Photos
Do you know them? (Miyano Mamoru, Oguri Shun. Image credit by Bluh_chan)

Dan para Seiyuu ini menantikan sebuah acara tahunan yaitu Seiyuu Award dan Animage Grand Prix. Kedua acara Award ini adalah apresiasi terhadap kerja keras para Seiyuu memerankan karakternya. Yah selamat untuk terpilihnya Ono Daisuke sebagai best male Seiyuu tahun ini. Kita nantikan siapa Seiyuu berikutnya di tahun depan. Tetap semangat ya para Seiyuu! Berkat kalian karakter-karakter di Anime menjadi hidup.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...