^^Welcome to this Blog^^
Hope You can Enjoy it...
Thanks...

Thursday, January 13, 2011

Gundam 00 Movie : A wakening of the Trailblazer

Gundam 00 Movie. Image credit by N3w_Typ3
Gundam 00 movie : A wakening of  the Trailblazer dirilis bulan September 2010 di seluruh bioskop Jepang. Pengumuman rencana peluncuran movie-nya memang sudah diberitahukan setelah serial Gundam 00 season 2 berakhir setahun sebelumnya. Di akhir serialnya kita diperlihatkan asal muasal GN Drive yang dikembangkan Aeolia Schenberg di planet Jupiter beserta alasan kenapa si ilmuwan jenius ini mengembangkan teknologi GN Drive serta tujuan dibaliknya.

Setting movie ini dimulai tahun 2314, mengambil setting dua tahun setelah peperangan antara Innovade dan Celestrial Being. Kisah dimulai ketika beberapa teknisi Celestrial Being (CB) merasakan sesuatu yang muncul dari Jupiter. Kedua pasangan teknisi yang merasakannya (Ian Vashti dan Linda Vashti) ini sedang mengembangkan sebuah Gundam untuk Setsuna yang sudah menjadi Innovator.

Sementara itu keadaan bumi setelah peperangan menjadi  damai. Walau banyak orang menganggap ini adalah kedamaian sementara, termasuk anggapan Saji Crossroad. Saji yang sekarang bekerja di sebuah badan pengembangan teknologi HLR sering mengunjungi  Louise Halevy. Louise masih dirawat karena pengaruh radiasi terhadap tubuhnya saat ia bergabung dengan A-Laws. Dan perawatan mental akibat tekanan stress setelah kejadian yang menimpa dirinya dan keluarganya. Saji berharap Louise segera sembuh namun dia tidak menginginkan Louise memaksakan diri untuk cepat sembuh karena mereka punya waktu yang banyak untuk memikirkan masa depan.

Di luar angkasa Marina Ismail ditemani Shirin Bakhtiar berusaha menemui pimpinan Union Corporation. Mereka ingin membicarakan dan melihat kondisi para pekerja dari negara Timur Tengah. Marina juga berharap para pekerja ini dijamin keselamatannya. Namun di balik itu beberapa orang Union Corporation yang tidak menyukai hal ini berusaha membungkam putri negara Azadistan tersebut dengan membunuhnya. Beberapa mobile suit mendekati pesawat yang mereka tumpangi. Saat sebuah tembakan akan diluncurkan muncul Flag Kai yang dipiloti Setsuna untuk mencegah pembunuhan terjadi. Di dalam pesawat Marina yang menyaksikan pertempuran mobile suit merasa ada seseorang yang dikenalnya. Pembunuhan ini memang direncanakan, salah seorang kru pesawat menodongkan pistol kepada Marina dan melukai penumpang lainnya. Akan tetapi ada seseorang yang muncul dalam pesawat untuk mengahalangi pembunuh itu. Marina sadar bahwa orang itu adalah anggota CB. Setelah menyelesaikan urusan dalam pesawat ternyata orang itu adalah Lockon yang menyamar. Lockon keluar dan menyusul Setsuna sambil mengatakan, "Kau tak mau menemuinya?" Setsuna hanya menjawab, "Saat ini tidak perlu."

Sekembali mereka menuju Ptolemius II, Feldt menyambut kepulangan mereka sambil membawakan minuman. Setsuna hanya diam dan mengatakan akan melaporkan hasil pekerjaan pada kapten CB, Sumeragi Lee Noriega. Sumeragi memang menginstruksikan Setsuna untuk tidak menggunakan Gundam karena diperkirakan jika Gundam muncul bisa-bisa kedamaian yang terbentuk akan goyah lagi. Pada saat yang bersamaan sebuah pesawat stasiun pengembangan GN Drive yang beroperasi di dekat Jupiter, Europa, meluncur cepat menuju bumi. Hal ini juga diidentifikasi stasiun militer yang berpusat di Veda.  Kati Mannequin diangkat menjadi jenderal dan memimpin misi penelitian terhadap seorang Innovator yang diakui Veda,  Descartes Shaman. Europa lama kelamaan mendekati bumi, pasukan militer dikerahkan untuk menghancurkan pesawat ini namun tak ada satu tembakan yang mampu menggores Europa. Decartes Shaman menawarkan diri untuk menghancurkan pesawat itu walau dia tahu dirinya hanya dianggap sebagai bahan percobaan. Kati menyetujuinya dan Decartes berangkat. Letnan yang telah berevolusi menjadi Innovator ini mampu menghancurkan pesawat dengan kemampuan supernya sebagai Innovator. Akan tetapi serpihan-serpihan pesawat Europa berjatuhan di bumi.

Serpihan-serpihan ini kemudian diteliti, namun pada saat akan dibawa muncul kejadian aneh seperti mesin truk pembawa serpihan dapat berjalan sendiri. Kemudian di tempat-tempat sekitar serpihan jatuh juga muncul kejadian aneh yang beragam. Dari jalannya mesin mobil tanpa pengemudi, kereta berjalan tanpa pengemudi, dan seorang gadis diserang pemuda yang wajahnya mirip Ribbons Almark. Billy Katagiri dan Meena Carmine meneliti serpihan tersebut. Mereka menemukan bahwa serpihan ini mampu bergerak apabila terpengaruh adanya orang yang mempunyai gelombang otak tinggi. Beberpa orang yang mempunyai gelombang otak tinggi adalah orang yang mengalami radiasi GN Particle seperti Louise atau mantan Super Soldier seperti Allelujah Haptism dan Marie Parfacy . Keduanya yang sampai di Mongolia mengunjungi sebuah pusat energi particle yang kelihatannya diterjang serpihan Europa. Saat sampai di sana mereka tak menemukan siapapun dan hanya melihat orang-orang berubah menjadi kristal logam. Kemudian keduanya diserang alat-alat transportasi di sekitar pusat energi. Hallelujah yang bangun menyadari yang diserang adalah Mary, oleh karena itu Hallelujah meminta Allelujah meminjamkan tubuh padanya. Memang benar yang diserang adalah orang dengan gelombang otak tinggi. CB yang menyadari hal ini segera turun ke bumi untuk menyelamatkan teman-teman mereka. Lockon ditugaskan menyelamatkan Allelujah dan Marie sedangkan Setsuna ditugaskan mencari Louise dan Saji. Louise diserang oleh pemuda berpakaian astronot yang mirip Ribbons Almark. Setsuna datang tepat waktu dan dapat menghalanginya. Namun peluru tak mempengaruhi tubuh pemuda ini. Setsuna tersentak kaget saat tahu pemuda itu mirip Ribbons. Secepatnya dia melemparkan bom yang akhirnya dapat menghancurkan setengah tubuh astronot itu. Saji yang bertanya apa yang terjadi, Setsuna tak mampu menjawabnya karena dia juga tidak mengerti.

Satu per satu korban berjatuhan, korban-korban ini dideteksi adalah orang yang mempunyai gelombang otak tinggi. Kemungkinan orang-orang ini adalah calon Innovator. Kati mulai dipusingkan masalah ini dan tiba-tiba dari ruang bagian kloning dilaporkan seorang kloning menghilang dan pergi membawa Gundam menuju suatu tempat. Kati menyadari jangan-jangan klon itu adalah anggota CB yang ditemukan tewas di Veda, Tieria Erde

Sementara itu di ruang angkasa Ptolemius mendeteksi sebuah pesawat mirip Europa muncul dan menuju ke bumi. Sumeragi segera memerintahkan para Meister untuk bergerak. Kati pun juga memerintahkan beberapa awak pesawat garis depan untuk melindungi bumi bersama Letnan Decartes. Decartes yang merasa dirinya unggul langsung maju ke depan namun koloni alien yang disebut ELS ini mempuyai kemampuan meleburkan dirinya ke badan mobile suit dan membunuh pilotnya. Pasukan garis depan berhasil dikalahkan, Decartes yang terperangkap ELS tak dapat lari. Saat Setsuna berusaha menolongnya dia hanya mendengar jeritan pilot ini dan kemudian Decartes mati. Koloni-koloni ELS kecil ini menyerang Setsuna, Mary dan Allelujah tanpa henti. Setsuna tak mampu menyerang ELS, dan dia mulai tertangkanpoleh ELS. ELS ini berusaha meleburkan diri di tangan kiri Gundam 00-nya. Sebuah pertolongan datang, Tieria dengan membawa Gundam Raphael  memotong tangan 00. Kemudian mengaktifkan Trans-Am untuk menghancurkan ELS yang berubah menjadi Europa.

Tieria bergabung dengan lainnya dan kembali ke Ptolemius. Mereka mulai membicarakan masalah yang terjadi. Pada saat itu Tieria bertanya pada Setsuna kenapa dia tidak menyerang ELS. Setsuna tak mampu menjawabnya karena tak dapat menyampaikannya dengan kata-kata. Tieria sudah menyadari hal ini memang apa yang dirasakan Innovator berbeda dengan Veda. Mileina berhasil memenukan penyebabnya, ELS berusaha menyerang bumi dan mereka mempunyai kesadaran dalam artian mereka makhluk hidup juga. Kemudian fenomena astronot yang mirip Ribbons Almark itu adalah awak Europa yang bekerja di sana namun dia sudah mati ketika pesawat ini mengalami kerusakan. ELS ada di balik semua ini dan entah apa tujuan mereka melakukan ini. Setsuna mengatakan sepertinya ada sesuatu yang ingin disampaikan ELS dan hanya dirinya yang merupakan Innovator yang mampu memahami maksud mereka.

Titik merah besar yang ada di Jupiter tiba-tiba menjadi lubang hitam dan menelan asteroid bahkan satelit Jupiter sendiri. Kemudian dari lubang itu mucul sebuah koloni ELS besar seukuran bulan menuju bumi. CB mulai bertindak mencegah ELS menghancurkan bumi. Pertempuran antar ELS dan CB tak seimbang karena jumlah ELS  lebih banyak. Lagi-lagi Setsuna tak dapat menyerang. Akhirnya untuk melakukan komunikasi dengan ELS, Setsuna meluncurkan banyak particle. Namun yang didengar Setsuna hanya teriakan-teriakan yang membuat kepalanya sakit. Tieria menyadari ada yang tak beres pada Setsuna melepaskan diri dari formasi Meister dan mengaktifkan mode Innovade. Tieria melepaskan bentuk Rapahel yang lain dan menyelamatkan Setsuna dan meminta yang lain untuk segera pergi. Tieria mengorbankan dirinya agar teman-temannya hidup. Pertolongan dari aliansi bumi datang dipimpin Graham Aker.

Feldt Icon Pictures, Images and Photos
Feldt memegang tangan Setsuna yang tak sadarkan diri. (Feldt Icon. Image credit by salsa101)
Setsuna tak sadarkan diri dan beberapa sel otaknya mengalami kerusakan. Semuanya cemas bahkan Graham Aker menyampaikan salamnya untuk Setsuna melalui Feldt. Sementara Setsuna tak sadarkan diri, pasukan militer bersatu dengan CB menghadapi ELS. Pengorbanan tak sedikit. Hampir 50% pasukan garis depan dihancurkan. Saat itu pula Andrei Smirnov mengorbankan diri tanpa takut mati, Setsuna yang jatuh ke bumi dalam mimpi, dia teringat masa kecilnya dan melihat keadaan Azadistan di mana wanita yang dicintainya, Marina, sedang menolong para pengungsi. Setsuna juga melihat Saji yang berjuang di garis belakang serta Louise yang berdoa. Melihat teman-teman Meisternya dan kru CB yang bertempur. Di akhir mimpinya Setsuna bertemu the first Lockon, Christina Sierra, dan Lichtendahl Tsery yang menyadarkannya untuk berjuang. Saat itu Feldt yang menangis di samping tubuh Setsuna sambil memegang tangannya. Setsuna membuka matanya dan segera bertempur (lebih tepatnya berusaha membuka komunikasi dengan ELS) menggunakan 00 Qan[T]

00 Qan[T] di dalam koloni ELS. (gundam 00 Movie. Image credit by sansamour117)
Setsuna dipandu Tieria mini dalam bentuk hologram menuju pusat koloni ELS. Saat menuju pusatnya, Setsuna dibantu teman-temannya dan Graham Aker yang mengorbankan dirinya sambil menitipkan masa depan pada Setsuna untuk membuka akses jalan ke pusat koloni. Setsuna menuju pusat koloni dan mengaktifkan Quantum System membuka komunikasi dengan ELS. Dari hal itu Setsuna mengetahui adanya kesalahpahaman ELS pada manusia. ELS hanya menginginkan planet baru untuk tempat tinggal karena planet mereka dihancurkan bintang yang seperti matahari di galaksi mereka. Setsuna kemudian memutuskan pergi menuju planet ELS yang dihancurkan. Setelah itu para ELS berhenti menyerang dan menuju pusat koloni hingga membentuk suatu bunga padang pasir "Sumeragi" seperti dalam pikiran Setsuna.

Menuju akhir movie diperlihatkan perbincangan astronot yang mirip Ribbons Almark dengan Aeolia Schenberg muda mengenai pengembangan GN Particle di tahun 2091. Astronot ini bertanya untuk apa Aeolia mengembangkan teknologi ini. Aeolia berharap teknologi ini bukan untuk saling menghancurkan akan tetapi membangun sebuah understanding antara satu dengan lainnya ketika manusia berusaha menjelajah luar angkasa. Pada tahun 2364, harapan Aeolia ini terwujud setelah pertempuran ELS dan setelah lima puluh tahun hilangnya Setsuna. Sebuah pesawat navigasi yang bertugas meneliti kehidupan luar angkasa di tempat jauh bernama Sumeragi (di tempat koloni ELS yang berubah menjadi bunga). Di dalam pesawat ini terkumpul para Innovator yang ditugaskan pada misi penelitian. Innovator mempunyai lifespan lebih panjang dari manusia sehingga diharapkan misi ini akan berhasil. Pesawat navigasi dipimpin Klaus Grad dan tampak Tieria ada di dalamnya menjadi kru (sepertinya Tieria memakai klon lagi). Di padang bunga nan jauh dari Azadistan, Marina yang sudah tua memainkan celesta sambil mendengarkan berita. Menyadari ada seseorang yang mengunjunginya, namun karena mata Marina sudah rabun dia tak dapat memastikan siapa orang itu. Ketika orang tersebut berkata, Marina sadar itu adalah Setsuna. Setsuna dengan bentuk kristal silver yang telah mengarungi dunia ELS kembali ke bumi untuk menemui Marina menepati janjinya bertemu Marina sekali lagi sambil mengatakan semua harapan kita sama dan sekarang kita sudah saling memahami.

Pada scene akhir movie muncul quote, "Peace cannot keep by force. It can only be achieved by understanding."
Satu hal yang ingin disampaikan movie ini adalah mutually understanding. Di mana diharapkan dengan setiap pemahaman tidak ada lagi perang dan ketika manusia mulai menjelajahi outer space mereka dapat memahami bentuk kehidupan yang mungkin ditemukan. Seperti saat ini dapat kita lihat perang mulai berkecamuk antara satu negara dengan lainnya karena kesalahpahaman. Dan dimulainya misi NASA untuk mejelajah ruang angkasa dan ditemukan berbagai bentuk kehidupan lain di luar sana. Jika pemahaman terbentuk pertempuran tak perlu tejadi dan kedamaian akan terjaga kini dan nanti. 

Setsuna bertemu kembali dengan Marina.

Setsuna yang berubah menjadi keperak-perakan setelah mengarungi dunia ELS.

Kita sudah mampu memahami satu sama lain.

Gundam 00 Qan[T] yang perlahan berubah menjadi bunga.
 Berikut sedikit trailer dari movie-nya :

2 comments:

  1. wah, sedih euy, dri 2 thn yg lalu mpe skrng blom brhasil nonton movienya DX

    BTW.. si marina itu bukannya kyk ibunya setsuna yak? gtw jg sih, tpi di season 2 dia kyk ibu ma anak aja .3.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang sekali buat dilewatkan. Keren...

      Marina itu bukan ibunya Setsuna, cuman serasa di antara mereka ada chemistry (love) mungkin. Ibunya si Setsuna itu dah mati, Setsuna sendiri pernah blg di season 1 kalo dia bunuh ortunya.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...